Faktor obesitas wanita dewasa pdf

Latar Belakang Obesitas merupakan keadaan patologis, yaitu dengan terdapatnya penimbunan lemak yang berlebihan dari yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang normal. Genetik Apabila kita lihat sekilas, orang tua yang gemuk akan memiliki anak yang gemuk pula. Masukan energi. Ortopedi Komplikasi obesitas pada anak selanjutnya adalah anak dengan kasus obesitas biasanya pergerakannya terjadi lebih lambat.

Seseorang yang menderita obesitas memiliki permukaan tubuh yang relatif lebih sempit dibandingkan dengan berat badannya, sehingga panas tubuh tidak dapat dibuang secara efisien dan mengeluarkan keringat yang lebih banyak.

Kekurangan garam beryodium mengakibatkan penyakit gondok. Akhirnya terjadilah penumpukan kalori dan sisa asupan energy yang berujung pada diabetes. Para ahli menyebutkan, obesitas selama kehamilan juga dapat menyebabkan efek negatif pada sang bayi saat ia dewasa nanti. Lemak dan minyak yang terdapat dalam makanan berguna untuk meningkatkan jumlah energi, membantu penyerapan vitamin A, D, E dan K serta menambah lezatnya hidangan.

Wanita cenderung menimbun lemaknya di pinggul dan bokong, sehingga memberikan gambaran seperti buah pir. Selain itu, melewatkan sarapan juga menyebabkan keluhan berupa kepala pening, mual, dan lain-lain.

Banyak orang yang memberikan reaksi terhadap emosinya dengan makan. Proses terjadinya obesitas tidak mutlak hanya disebabkan asupan energi berlebih.

Risiko obesitas pdf

Untuk meningkatkan kesuburan pasangan yang terpenting dilakukan adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, sebaiknya pasangan menghindarimakanan yang terlalu diolah atau mengandung bahan-bahan tiruan, diantaranya keju olahan, daging olahan.

Dampakanya terjadi perubahan siklus ovulasi. Zat gizi yang cukup seperti karbohidrat, lemak dan protein sangat diperlukan untuk pembentukkan hormon reproduksi, sehingga pada wanita kurus akibat asupan gizi yang sangat kurang akan mengalami defisiensi hormon reproduksi yang berakibat terhadap peningkatan kejadian infertilitas pada wanita tersebut.

Kelebihan konsumsi kalori akan ditimbun sebagai cadangan didalam tubuh yang berbentuk jaringan lemak. Bulimia Bulimia hampir sama dengan anoreksia tetapi dengan episode binge eating dan mengompensasinya dengan cara yang ekstrem seperti: Mengganti cemilan makanan tinggi energi, seperti gorengan, kripik, dan makanan ringan lain, dengan jenis makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan.

Pada sindroma makan pada malam hari, adalah berkurangnya nafsu makan di pagi hari dan diikuti dengan makan yang berlebihan, agitasi dan insomnia pada malam hari. Sehingga kalau terjadi penurunan berat badan setelah masa dewasa, bukan karena jumlah sel lemaknya yang berkurang tetapi besarnya sel yang berkurang.

Kelebihan berat badan adalah faktor utama untuk sejumlah penyakit kronis. Herediter faktor keturunan Kecenderungan menjadi gemuk pada keluarga tertentu.

Terjadinya obesitas melibatkan beberapa faktor: Faktor kesehatan Beberapa penyakit bisa menyebabkan obesitas, diantaranya: Orang tua yang dulunya berasal dari keluarga yang kurang mampu, maka mereka cenderung memberikan makanan sebanyak-banyaknya pada anak-anaknya.

Setelah masa dewasa tidak akan terjadi penambahan jumlah sel, tetapi hanya terjadi pembesaran sel. Penambahan dan pembesaran jumlah sel lemak paling cepat pada masa anak-anak dan mencapai puncaknya pada masa meningkat dewasa.

Apa itu obesitas (kegemukan)?

Makanan yang beraneka ragam yaitu makanan yang mengandung unsur-unsur zat gizi yang diperlukan tubuh baik kualitas maupun kuantintasnya, dalam pelajaran ilmu gizi biasa disebut triguna makanan yaitu, makanan yang mengandung zat tenaga, pembangun dan zat pengatur.

Sedangkan gangguan hormonal disebabkan oleh bagian dari otak hipotalamus dan hipofisis tidak memproduksi hormon-hormon reproduksi seperti FSH dan LH. Obesitas berhubungan erat dengan distribusi lemak tubuh.

Meningkatnya keadaan social ekonomi seseorang. Tetapi anggota keluarga tidak hanya berbagi gen, tetapi juga makanan dan kebiasaan gaya hidup, yang bisa mendorong terjadinya obesitas.

Kekurangan nutrisi pada seseorang akan berdampak pada penurunan fungsi reproduksi, hal ini dapat diketahui apabila seseorang dapat mengalami anoreksia nervosa, maka akan terlihat perubahan-perubahan hormonal tertentu, yang ditandai dengan penurunan berat badan yang mencolok. Vivi Juhanita S.

Untuk menurunkan berat badan selama kehamilan ini Anda tidak diharuskan untuk melakukan diet keras, namun diet aman dengan pemantauan dokter kandungan Anda dan olahraga ringan yang aman untuk ibu hamil. Ukuran sampel yang digunakan adalah sampel, terdiri dari sampel obesitas 61 dan sampel non obesitas 61 dengan teknik consecutive sampling.

Pada periode growth spurt, kebutuhan zat gizi tinggi karena berhubungan dengan besarnya tubuh. Makanan sumber zat tenaga antara lain: Bagi remaja, makanan merupakan suatu kebutuhan pokok untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.

Cara Menghindari Infertilitas Berikut adalah cara menghindari infertilitas, yaitu: Manfaat Bagi Institusi 1.faktor risiko kegemukan pada wanita dewasa indonesia This study was aimed to analyze risk factors of overweight women aged 19—55 years in Indonesia.

This study used electronic files data of the National Basic Health Research from Ministry of Health, which was designed as a cross sectional survey. Dari 35 responden tersebut, wanita dewasa yang mengalami tidak obesitas yaitu sebanyak 14% atau 5 orang responden dan yang mengalamu obesitas sentral yaitu 86% atau 30 orang responden.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko obesitas pada wanita prakonsepsi di Kecamatan Biringkanaya, Kecamatan Tallo, Kecamatan Bontoala dan Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar melalui pendekatan analisis univariat, dan bivariat. Obesitas termasuk salah satu faktor yang meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

IMT dan lingkar pinggang merupakan cara untuk penentuan status gizi yang digunakan untuk mengetahui apakah seseorang dikatakan obesitas atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional.

Responden dalam penelitian ini adalah wanita yang berusia 18. Scribd is the world's largest social reading and publishing site. Prinsip Gizi Pada Wanita Remaja Dan Dewasa Masa remaja merupakan saat terjadinya perubahan-perubahan cepat dalam proses pertumbuhan fisik, kognitif dan psikososial.

Pada masa ini terjadi kematangan seksual dan tercapainya bentuk dewasa karena pematangan fungsi endokrin.

Faktor obesitas wanita dewasa pdf
Rated 0/5 based on 24 review